Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Green Canyon Pangandaran, Tak perlu Ke Amerika, Cukup Di Pangandaran Saja

Green Canyon Pangandaran, Tak perlu Ke Amerika, Cukup Di Pangandaran Saja

Blog thumbnail

Green Canyon Pangandaran merupakan tempat wisata Pangandaran yang sudah sangat populer di masyarakat Jawa Barat. Bahkan menjadi destinasi wisata nasional, serta destinasi wisata mancanegara.

Nama tempat wisata yang menggunakan istilah Green Canyon tentu saja digunakan bukan hanya untuk satu tempat. Yang pertama kali di Amerika, kemudian masuk istilah tersebut ke Indonesia.

Salah-satu tempat wisata yang menggunakan istilah Green Canyon selain pangandaran adalah salah-satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Garut.

Istilah Green Canyon merujuk kepada sebuah kondisi alam yang didominasi oleh tebing batu, pesona alam sekitar, dan aliran sungai yang memiliki warna khas.

green canyon pangandaran. google maps. sumber: Suria Sulaiman

Simak juga: Ragam Objek Wisata Pangandaran.

Dan inilah info terbaru Green Canyon Pangandaran, terutama saat kondisi pandemi. Lengkap tersaji dengan informasi terbaru harga tiket masuk Green Canyon Pangandaran, beserta asilitasnya.

Lokasi Dan Alamat Green Canyon Pangandaran

Lokasi Green Canyon Pangandaran terletak satu arah dengan Pantai Batu Hiu Pangandaran, serta Pantai Madasari Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Alamat Green Canyon Pangandaran berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

pintu masuk green canyon pangandaran
pintu masuk green canyon pangandaran. google maps. sumber: faris bukhori

Rute Menuju Green Canyon Pangandaran

Rute menuju Green Canyon Pangandaran bisa dilalui oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil, bahkan bus besar sekalipun.

Akses jalan menuju Green Canyon Pangandaran sudah sangat bagus hingga ke area parkiran. Jarak Green Canyon Pangandaran dari pusat Kabupaten Pangandaran sekitar 20 kilometer, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 30 menit saja.

selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: Effendy Mikail Dahlan

Simak Juga: Cave Tubing Gua Pindul.

Harga Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran

Tiket masuk Green Canyon Pangandaran terbaru dibagi berdasarkan jenis paket wisata yang dipilih oleh para pengunjung, yaitu:

  • Paket wisata tanpa renang, dengan durasi waktu 45 menit Rp. 200.000 per perahu.
  • Paket renang (Batu Payung) Rp. 300.000 per perahu.
  • Paket Renang (Pemandian Putri) Rp. 400.000 per perahu.

Jam Buka Green Canyon Pangandaran

  • Green Canyon Pangandaran buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu.
  • Green Canyon Pangandaran buka dari pukul 07.00 – 16.00.
susur sungai
susur sungai. google maps. sumber: Nur Arifin

Simak Juga: Curug tilu.

Fasilitas Di Green Canyon Pangandaran

Fasilitas di Green Canyon Pangandaran sudah sangat memadai untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Apalagi Green Canyon Pangandaran sering dikunjungi juga oleh wisatawan mancanegara.

Adapun fasilitas di Green Canyon Pangandaran adalah sebagai berikut:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Ragam wahana
  • Armada susur sungai
  • Tim Rescue

Para pengunjung yang ingin menginap, biasanya mencari hotel di kawasan Pantai Pangandaran.

Sejarah, Dan Mitos Green Canyon Pangandaran

Sejarah Green Canyon Pangandaran dimulai tepatnya pada tahun 1993 saat kujungan seorang turis asal Perancis yang bernama Bill John.

lokasi biasa pengunjung bermain body jumping
lokasi biasa pengunjung bermain body jumping. google maps. sumber: Rizki Oceano

Simak juga: Curug Leuwi Hejo.

Bill John menyebut tempat wisata tersebut dengan diksi Green Canyon. Hal tersebut merujuk kepada sebuah tempat yang ada di Colorado, Amerika Serikat, yang bernama Green Canyon.

Sebelum ramai dikunjungi oleh wisatawan, Green Canyon Pangandaran merupakan tempat yang dianggap meyeramkan oleh masyarakat sekitar. Mungkin saja karena beredar mitos, atau cerita misteri lainnya.

Green Canyon Pangandaran memiliki nama lain, yaitu Cukang Taneuh. Sebuah istilah yang diambil dari bahasa Sunda.

Daya Tarik Green Canyon Pangandaran

1. Panorama Alam

Daya tarik yang pertama dari Green Canyon Pangandaran adalah panorama alam sekitarnya yang sangat indah. Tebing – tebing batu yang menjulang tinggi, ditambah dengan lebatnya pepohonan di sekitar tebing yang memberikan nuansa keteduhan.

alam yang indah
alam yang indah. google maps. sumber: Green Canyon (Cukang Taneuh) Cijulang Pangandaran

SImak juga: Air terjun Benang Kelambu

Selain itu, terdapat juga goa, serta stalaktit, dan stalagmit. Para pengunjung bisa memasuki area goa tersebut saat situasi air sedang surut.

Panorama alam sekitar Green Canyon Pangandaran yang paling memikat lainnya adalah sebuah sungai yang memiliki warna khas.

Sungai tersebut berwarna hijau pekat di beberapa titik, serta ada juga yang berwarna hijau toska. Dan ada sebuah fenomena alam yang luar biasa di Green Canyon Pangandaran, para pengunjung sering menyebutnya sebagai Hujan Abadi.

2. Aktivitas Wisata

Daya tarik selanjutnya dari Green Canyon Pangandaran adalah ragam aktivitas wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Seperti:

  • Susur sungai dengan menggunakan perahu
  • River tubing
beragam kegiatan seru yang dapat dilakukan
beragam kegiatan seru yang dapat dilakukan. google maps. sumber: Rianie Mbem

Aktivitas wisata di Green Canyon Pangandaran akan dipandu oleh tim yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola, untuk menjaga keselamatan, serta kenyamanan para pengunjung.

Penutup

Itulah review Green Canyon Pangandaran. Para pengunjung harus selalu update informasi jika ingin berkunjung ke tempat wisata saat situasi pandemi.

Karena jam operasional tempat wisata dimanapun lokasinya selalu berubah – rubah, karena kebijakan pencegahan penularan Covid-19.

Terakhir, selalu utamakan keselamatan dalam berwisata, dan selalu patuhi protokol kesehatan yang sudah diteapkan oleh pihak pengelola, maupun oleh pemerintah.