Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Hukoci, Bersantai, Berolahraga Dan Berkemah Di Tengah Hutan Kota Warga Cianjur

Hukoci, Bersantai, Berolahraga Dan Berkemah Di Tengah Hutan Kota Warga Cianjur

Blog thumbnail

Ketika mendengar nama Hukoci terlintas banyak tanya dalam diri. Apaan tuh? Tempat wisata yang kaya gimana tuh? Namun, ketika mulai menginjakkan kaki di lokasi wisata yang satu ini baru tahu apa itu Hukoci.

Ternyata Hukoci merupakan singkatan dari Hutan Kota Cianjur, yang merupakan sebuah hutan yang sangat rindang dengan berada di area yang cukup luas yakni sekitar 15 hektar.

Hutan Kota Cianjur (Hukoci) tempat dimana banyak masyarakat melakukan aktivitas olahraga ataupun hanya bersantai dan bermain bersama anak-anak tercinta.

Keadaan udara yang bersih dan segar terbebas dari polusi yang selama ini mengganggu. Alamnya yang tenang menjadikannya tempat yang tepat untuk mendirikan tenda.

Kamu juga dapat menjajal jalur trekking sepeda yang ada di area Hukoci, dan untuk melengkapi itu semua tersedia wahana flying fox, arena berkuda, serta memanah.

Fungsi hutan yang sebagai paru-paru kota begitu terasa ketika berada di kawasan Hukoci, selain menghirup udara yang bersih kamu pun dapat langsung melihat pemandangan Gunung Mananggel.

Gerbang Masuk Hukoci. Sumber: www.youtube.com

Simak juga: 13 lokasi wisata indah di Cianjur

Hukoci atau Hutan Kota Cianjur sempat ditutup sementara karena kondisi Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, namun saat ini sudah dibuka kembali. Hal tersebut mengakibatkan Hukoci menjadi sedikit terbengkalai dan belum terlalu ramai dikunjungi.

Berikut ulasan lengkap mengenai Hukoci atau Hutan Kota Cianjur:

Lokasi Hukoci

Lokasi Hutan Kota Cianjur atau Hukoci ini berada di Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Hukoci

Rute menuju Hukoci kamu bisa melalui Baros atau Panembong. Jika kamu bergerak dari Panembong lokasi kamu berada sejauh kira-kira 2 km dari Gedung Gelanggang Muda. Kemudian kamu akan menemukan The John Aquatic Resort, sebentar lagi kamu akan tiba di Hukoci.

Mendekati area Hukoci atau Hutan Kota Cianjur kamu akan melalui jalanan yang terus menanjak walaupun tak terlalu curam, meskipun begitu kondisi jalannya sudah sangat bagus dan mulus.

Banyak pula pengunjung yang mengunjungi Hukoci dengan menggunakan sepeda bersama kawan komunitasnya. Sepanjang perjalanan udara sudah mulai terasa sejuk dengan rindangnya pepohonan dikiri dan kanan jalan. Jalannya tak terlalu lebar, jika kamu menggunakan mobil kamu harus sangat berhati-hati.

Landmark Yang Selalu Jadi Spot Foto
Landmark Yang Selalu Jadi Spot Foto. Sumber: fivesmooth.wordpress.com

Jam Buka Hukoci

Jam operasional Hukoci atau Hutan Kota Cianjur dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata yang satu ini ialah dipagi hari, dimana udaranya masih sangat menyegarkan.

Hindari untuk mengunjunginya ketika hari mulai gelap, karena kondisi jalan yang masih minim lampu penerangan jalan.

Tiket Hukoci

Pembuatan Hukoci dimaksudkan untuk menciptakan sebuah tempat wisata yang murah meriah bagi masyarakat, jadi ketika kamu mengunjungi Hutan Kota Cianjur atau Hukoci tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Kamu dapat masuk dengan leluasa ke area lokasi wisata tersebut.

Selalu Digunakan Tempat Perlombaan Sepeda Gunung
Selalu Digunakan Tempat Perlombaan Sepeda Gunung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Fasilitas Hukoci

Fasilitas yang ada di Hukoci sudah mendukung kegiatan yang akan dilakukan oleh pengunjung, seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Lintasan sepeda
  • Camping ground
  • Wahana Flying fox
  • Wahana berkuda dan memanah

Daya Tarik Hukoci

Lokasi wisata yang diresmikan pada tanggal 30 Desember tahun 2017 ini memiliki beberapa daya tarik tersendiri yang membuat para pengunjung selalu berdatangan, yakni:

1. Keadaan Hutan Yang Sangat Hijau

Keadaan Hukoci
Keadaan Hukoci. Sumber: merahputih.com

Image via: Mempelajari Padi di Kampung Pandanwangi

Hutan Kota Cianjur memiliki sekitar 90 jenis tanaman yang tumbuh tersebar di seluruh area hutan, maka tak heran jika kondisi alamnya yang sangat sejuk. Karena begitu rindangnya pepohonan yang ada di area Hukoci mengakibatkan udara di sekitarnya menjadi menyegarkan.

Karena berada di Desa Babakan Karet, Pohon karet merupakan pohon yang paling banyak tumbuh di area Hukoci.Banyak pengunjung yang datang ke Hukoci hanya untuk bersantai bersama keluarga, atau mungkin hanya untuk melepas penat menghilangkan kegundahan yang menggelayut dalam diri.

Landscape Hukoci
Landscape Hukoci. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat pula beberapa gazebo yang cukup luas yang dapat kamu gunakan untuk bersantai memandangi indahnya hutan Kota Cianjur sambil menghirup udara yang bebas dari kata polusi.

Selain itu, banyak pengunjung yang datang ke Hukoci sekedar untuk berolahraga. Entah itu lari, bermain bulu tangkis, berkuda, ataupun memanah. Selain itu terdapat pula wahana flying fox yang bisa kamu coba.

Lokasi wisata Hukoci merupakan tempat yang tepat untuk membawa serta seluruh anggota keluarga, menghabiskan waktu bersama dengan menikmati keindahan alam yang terpampang nyata di depan mata.

2. Area CampingHutan Kota Cianjur (Hukoci) memiliki luas sekitar 15 hektar maka tak heran jika didalamnya terdapat area untuk camping. Area tersebut bisa digunakan oleh sebuah lembaga maupun perseorangan.

Menikmati malam di tengah hamparan pohon yang rindang dengan hanya ditemani suara serangga, ditambah sejuknya udara di malam hari akan kamu rasakan ketika kamu berkemah disini.

Lokasi Yang Tepat Untuk Camping
Lokasi Yang Tepat Untuk Camping. Sumber: fivesmooth.wordpress.com

Simak juga: Mandi Air hangat di Cikundul Cianjur

3. Trek Sepeda

Hukoci memiliki lintasan sepeda dengan panjang lintasan 2,4 km serta 3,6 km. Kamu akan melintasi jalan diantara lebatnya pepohonan dengan jalur yang cukup berkelok-kelok dan berupa tanah.

Dalam pembuatan lintasan atau trek sepeda tersebut melibatkan seorang ahli profesional yang didatangkan langsung dari Malaysia, sehingga membuat lintasannya sempurna.

Mengayuh Sepeda Di Lebatnya Hukoci
Mengayuh Sepeda Di Lebatnya Hukoci. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Maka tak heran jika banyak komunitas-komunitas sepeda yang datang mengunjungi Hukoci untuk menjajal lintasan atau trekking sepeda yang ada.

Simak juga: Safari Alam liar di Ketambe Aceh

Tips Mengunjungi Hukoci

Jika kamu hendak mengunjungi Hukoci atau Hutan Kota Cianjur, saya bagikan beberapa tips wisata sebagai berikut:

  • Selalu perhatikan kondisi cuaca, karena kamu akan menghabiskan waktu di tempat terbuka.
  • Selalu waspada dan berhati-hati ketika melajukan kendaraan roda empat ketika menuju Hukoci.
  • Siapkan lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.
  • Gunakan alas kaki yang datar dan tidak licin.
  • Gunakan jaket atau baju hangat lainnya jika kamu tak tahan dengan cuaca dingin.
  • Jaga dan perhatikan selalu anak-anak ketika bermain, karena lokasinya yang sangat luas.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Hukoci.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen indah ketika berada di Hutan Kota Cianjur (Hukoci).

Penutup

Hukoci atau Hutan Kota Cianjur merupakan sebuah lokasi wisata yang murah meriah serta dapat memberikan kamu kesegaran jiwa dan raga. Kondisi hutan yang dipenuhi lebatnya pepohonan membuat kita dapat menghirup udara yang sangat segar.

Lokasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi pengunjung jika weekend tiba, mereka menghabiskan waktu untuk berolahraga atau hanya sekedar menikmati pemandangan yang ada.