Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Pantai Karangsong, Pantai Unik Dengan Hiasan Hutan Mangrove Terbesar Di Indramayu

Pantai Karangsong, Pantai Unik Dengan Hiasan Hutan Mangrove Terbesar Di Indramayu

Blog thumbnail

Kabupaten Indramayu merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat dengan Ibu kotanya ialah Indramayu. Nama Indramayu sendiri diambil dari kecantikan putri salah satu pendiri Indramayu yang bernama Nyi Endang Darma Ayu.

Di Indramayu terdapat wisata air yang bernama Pantai Karangsong, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Karena menyuguhkan pemandangan alam yang lengkap, dimana deburan ombak laut bersatu dengan lebatnya hutan mangrove.

pantai karangsong. google maps. sumber: ardi lasmana

SImak juga: 7 wisata hits Jawa Barat

Ya, di kawasan Pantai Karangsong terdapat Ekowisata yang berupa kawasan hutan mangrove atau hutan bakau yang cukup lebat dan menjadi habitat bagi berbagai jenis flora maupun fauna.

Sehingga menjadikan Pantai Karangsong ini merupakan destinasi wisata favorit keluarga warga Indramayu. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu dapat belajar banyak hal di kawasan Ekowisata Hutan Mangrovenya.

Selain mengunjungi hutan mangrove, kamu juga juga bisa menjelajahi kawasan Pulau Biawak, yang jaraknya sekitar 2 jam perjalanan laut dari Pantai Karangsong dengan menyewa perahu atau kapal nelayan.

Lokasi Pantai Karangsong

Lokasi Pantai Karangsong termasuk kawasan pantai utara tepatnya berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Karangsong

Rute menuju Pantai Karangsong jika berangkat dari Indramayu akan menempuh jarak sekitar 8 km, dengan jalur yang mudah dilalui kendaraan motor maupun mobil.

Jika kamu bergerak dari arah Cirebon dengan menuju Bunderan Kijang lalu belok kanan ke Jl. Pahlawan. Untuk kamu yang dari arah Jakarta bisa melalui Jati Barang menuju pusat kota Indramayu.

Atau menuju Jl. Yos Sudarso hingga tiba di perempatan Karang Turi lalu belok ke kanan. Jika dari arah Jl. Siliwangi ketika tiba di perempatan Karang Turi terus saja lurus.

menikmati pantai karangsong
menikmati pantai karangsong. google maps. sumber: lisa kencana

Kemudian kamu akan menemukan simpang lima yang biasa disebut Bunderan Mangga ambil arah menuju jalur Jl. Gatot Subroto, hingga tiba di Bunderan Kijang terus saja lurus.

Ketika tiba di Jembatan Cimanuk yang lokasinya dekat Masjid Agung dan Alun-Alun Indramayu belok kiri dan tetap di Jl. Siliwangi. Kemudian kamu akan menemukan Gapura Besar Desa Karangsong, menuju lokasi Pantai Karangsong sekitar 3 km lagi.

Di sepanjang jalan kamu akan menyaksikan beberapa perahu besar maupun kecil yang sedang dibuat oleh warga sekitar. Pemandangan tersebut tentu saja merupakan pemandangan yang langka.

Jam Buka Pantai Karangsong

Jam operasional Pantai Karangsong dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 petang.

tersedia penyewaan ban
tersedia penyewaan ban. google maps. sumber: Adhi Sulandani

Tiket Pantai Karangsong

Tiket masuk menuju Pantai Karangsong cukup membayar biaya parkir saja, yakni:

  • Untuk motor membayar Rp. 5.000,-
  • Untuk mobil sebesar Rp. 10.000,-
  • Memasuki kawasan Eco Wisata Hutan Mangrove dengan membayar Rp. 15.000.- per orang

Fasilitas Pantai Karangsong

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Karangsong diantaranya:

  • Area parkir
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Penyewaan ban dan perahu
  • Penyewaan Gazebo atau saung sederhana

Daya Tarik Pantai Karangsong

Daya tarik yang hendak diberikan dari Pantai Karangsong ini diantaranya:

1. Pantai Karangsong

Simak juga: Kebun Raya Purwodadi

Pantai ini diberi nama sesuai lokasi dimana keberadaannya, yakni Desa Karangsong. Pantai yang satu ini memiliki deburan ombak yang tak terlalu kencang, serta hamparan pasir coklat seperti biasanya sebuah pantai.

Namun ada satu fenomena alam yang mungkin hanya terjadi di Pantai Karangsong saja, yakni surutnya air laut yang bisa mencapai 60 sampai 70 meter dari bibir pantai.

Sehingga kamu dapat mendekati dua buah batu besar yang ada di Pantai Karangsong. Fenomena surutnya air laut tersebut dapat terjadi di waktu pagi maupun sore hari.

Jika air laut sudah pasang kembali maka area yang surut tersebut akan tergenang kembali. Hal tersebut merupakan fenomena yang biasa terjadi sehingga tak perlu dikhawatirkan.

Malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, dimana kamu dapat lebih leluasa bermain pasir yang ada di bibir pantai.

Di sepanjang bibir pantai terdapat beberapa penyewaan ban untuk anak-anak yang hendak bermain air, tentu saja harus dengan pengawasan orang yang lebih tua supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Ekowisata Mangrove

Ekowisata Hutan Mangrove merupakan kawasan konservasi yang diproyeksikan sebagai sarana edukasi bagi para wisatawan terhadap kelestarian lingkungan.

Selain itu kamu juga dapat menikmati keindahan kawasan hutan bakau atau mangrove yang cukup rindang yang terdiri dari berbagai jenis dengan menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan.

menyusuri kawasan hutan mangrove
menyusuri kawasan hutan mangrove. google maps. sumber: Meilindasari putri

Simak juga: Curug Putri Kencana

Selain pohon mangrove kamu juga dapat menemukan pohon ketapang yang ikut menghiasi kawasan hutan tersebut. Kamu pun dapat mengamati ragam kehidupan satwa liar yang biasa hidup di daerah pantai.

Ekowisata Hutan Mangrove ini memiliki luas sekitar 20 hektar selain sebagai tempat wisata, kawasan hutan ini juga difungsikan sebagai pelindung dari ganasnya ombak laut yang bisa mengikis daerah di sekitar bibir pantai.

Dengan memiliki luas seperti itu, katanya kawasan hutan Mangrove Pantai Karangsong ini merupakan hutan mangrove terbesar di Kabupaten Indramayu.

kawasan hutan mangrove karangsong
kawasan hutan mangrove karangsong. google maps. sumber: 3 d’jenggo Keluyuran

Untuk menuju Kawasan Hutan Mangrove ini yakni dengan menaiki sebuah perahu motor, dimana sebelumnya kamu harus membeli tiket terlebih dahulu.

Perjalanan yang kamu lakukan sekitar 5 sampai 10 menit saja, sajian pemandangannya pun sangat indah. Deretan pohon bakau serta suara bangau putih dan burung lain yang seakan menyambut kedatanganmu.

3. Hunting Spot Foto Terbaik

Ketika berada di kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Karangsong terdapat beberapa spot foto yang disediakan oleh pengelola untuk memanjakan kamu.

Yakni dengan adanya sebuah gardu pandang yang cukup tinggi, sekitar ada 3 lantai tingginya. Gardu pandang ini kerap dijadikan spot selfie oleh para pengunjung, karena dapat mengambil view yang cantik dari ketinggian.

Selain itu di gardu pandang tersebut kamu dapat melihat laut lepas serta hijaunya hutan mangrove serta burung-burung yang berterbangan kesana kemari.

view dari gardu pandang
view dari gardu pandang. google maps. sumber: Syahrudin Black Owner

Simak juga: Air terjun Kedung Kayang

Lokasi spot foto selanjutnya yakni sebuah ayunan dengan latar laut lepas, kamu dapat bermain ayunan sambil berfoto disana.

Karena kecantikan dan keasrian yang ditampilkan Hutan Mangrove Karangsong ini, sehingga kerap dijadikan lokasi pemotretan prewedding juga loh. Namun sebelumnya harus meminta ijin dulu pada pihak pengelola hutan.

4. Aktifitas Perkapalan

Tak jauh dari kawasan Hutan Mangrove Karangsong terdapat kilang minyak Pertamina Balongan, maka jangan heran jika kamu dapat menyaksikan beberapa kapal pertamina yang bersandar di sekitar hutan mangrove.

Karena kapal-kapal tersebut tidak bisa bersandar di kilang minyaknya langsung. Kapal tersebut yakni kapal tanker pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM).

serunya bermain pasir
serunya bermain pasir. google maps. sumber: Majid Aira

Simak juga: Bukit Wolobobo Flores

Penginapan

Di sekitar Pantai Karangsong belum terdapat beberapa penginapan yang dapat kamu sewa, kamu dapat menemukannya dengan jarak lebih dari 5 km dari Pantai Karangsong menuju ke arah Indramayu kota.

Disana banyak terdapat beberapa penginapan atau hotel dengan beragam fasilitas dan harga yang bersaing tentunya.

Penutup

Setelah puas menikmati keindahan alam Pantai Karangsong dan Ekowisata Hutan Mangrovenya, sempatkan waktu mengunjungi tempat pelelangan ikan yang berada tak jauh dari pantai.

Disana kamu dapat membeli ikan dengan harga yang lebih murah tentu saja dan dapat dijadikan oleh-oleh untuk kemudian kamu olah dirumah.

Selamat Berlibur!