Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Pondok Halimun Sukabumi, Tempat Wisata Alam Legendaris Yang Menyejukkan

Pondok Halimun Sukabumi, Tempat Wisata Alam Legendaris Yang Menyejukkan

Blog thumbnail

Sukabumi, Jawa Barat memiliki tempat wisata alam yang sangat legendaris dan terkenal sejak zaman dahulu. Tempat wisata alam tersebut bernama Pondok Halimun.

Namanya memang sama dengan tempat wisata yang ada di Bogor, Jawa Barat, namun tentu saja lokasi saja sudah berbeda. Pondok Halimun Sukabumi merupakan tempat yang cocok untuk membiarkan anak-anak menikmati keindahan alam.

Mereka dapat merasakan sejuknya udara ketika berada di kawasan Pondok Halimun ini, serta dapat bermain beberapa kegiatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Dulunya kawasan Pondok Halimun masih berupa hutan belantara dengan belum terlalu banyak fasilitas pendukung, namun saat ini sudah mengalami banyak perubahan.

Pondok Halimun Sukabumi memiliki area yang sangat luas untuk melakukan kegiatan perkemahan, kamu dapat memilih lokasi yang sesuai untuk mendirikan tenda. Karena itulah kawasan wisata yang satu ini selalu banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berkemah.

Landmark Pondok Halimun. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 14 lokasi wisata di Sukabumi

Lokasi Pondok Halimun Sukabumi

Lokasi Pondok Halimun terletak di kaki Gunung Gede Pangrango tepatnya berada di perbatasan Desa Perbawati dan Sudajaya Girang, Kabupaten Sukabumi.

Rute Menuju Pondok Halimun Sukabumi

Rute menuju Pondok Halimun Sukabumi dari pusat kota Sukabumi sekitar 12 km jauhnya, kamu akan melewati Kantor Polisi Resor Sukabumi Kota kemudian melewati Gedung Juang ’45.

Setelah bertemu persimpangan jalan belok ke arah kiri kemudian kamu akan menemukan sebuah gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang Gerbang Halimun”.

Selanjutnya kamu akan menyusuri jalan yang tak terlalu lebar, jika menggunakan mobil mungkin agak sedikit ribet jika berpapasan dengan mobil lain yang datang dari arah berlawanan. Namun, meskipun begitu masih dapat dilalui oleh mobil.

Keadaan alam sudah mulai sejuk dengan banyaknya pepohonan di sepanjang perjalanan, kamu juga akan melewati hamparan kebun teh yang bisa dijadikan spot untuk berfoto selfie.

Jalan yang dilalui akan semakin rindang juga tak begitu lebar, teruslah melajukan kendaraanmu untuk tiba di area parkir Pondok Halimun.

Simak juga: Waduk Bajulmati, Miniatur Raja Ampat di Banyuwangi

Jam Buka Pondok Halimun Sukabumi

Jam operasional Pondok Halimun Sukabumi dibuka setiap hari Senin sampai dengan Minggu selama 24 jam nonstop.

Tiket Pondok Halimun Sukabumi

Ketika tiba di pintu masuk kawasan Pondok Halimun Sukabumi, kamu harus membayar tiket dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Untuk mobil sedan/jeep membayar Rp. 20.000 per unit
  • Pejalan Kaki Harus membayar Rp. 3.000 per orang
  • Sepeda motor membayar Rp. 8.000 per unit
  • Untuk minibus membayar Rp. 30.000 per unit
  • Sedangkan untuk Bus harus membayar Rp. 135.000 per unitnya

Fasilitas Pondok Halimun Sukabumi

Fasilitas yang ada di area Pondok Halimun Sukabumi diantaranya:

  • Lahan parkir yang cukup luas
  • Warung-warung makanan, minuman, dan oleh-oleh khas Sukabumi
  • Mushola
  • Toilet
  • Camping Ground
  • Gazebo
  • Penginapan
Area Parkir Pondok Halimun Sukabumi
Area Parkir Pondok Halimun Sukabumi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Negeri Atas Awan Pango-Pango

Daya Tarik Pondok Halimun Sukabumi

Daya tarik yang dimiliki Pondok Halimun Sukabumi ini diantaranya:

1. Camping Seru

Camping Di Tengah Alam
Camping Di Tengah Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pondok Halimun Sukabumi sejak zaman dulu selalu digunakan para pecinta alam untuk menggelar tenda, dan menikmati alam dengan menciptakan keseruan bersama kawan.

Di sekitar Pondok Halimun terdapat beberapa bumi perkemahan yang lokasinya berdekatan yakni Bumi Perkemahan Elang Jawa, Bumi Perkemahan Cipelang serta Bumi Perkemahan Pondok Halimun Sukabumi.

Suasana alam yang masih sangat asri dengan dipagari rimbunnya pepohonan, serta dibalut udara yang sejuk. Sehingga sangat wajar jika lokasi ini selalu dijadikan tempat camping oleh para pecinta alam.

Selain itu area camping nya juga sangat luas, sehingga bisa melakukan beragam kegiatan seru ketika menghabiskan malam disini. Dengan berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl membuat udara malam harinya terasa sejuk dan ketika bangun akan disambut dengan indahnya kabut.

Simak juga: Air Terjun Kato Lampo Bali

2. Bermain Sejuknya Air

Di area wisata ini terdapat aliran Sungai Cipelang yang bersih dan juga dangkal, sehingga anak-anak dapat bermain air dengan aman. Namun tentu saja kamu harus selalu memantau dan memperhatikan mereka.

Sungai tersebut dihiasi dengan banyak bebatuan yang berbeda ukuran, seru sekali bermain air sambil duduk-duduk di atas batu tersebut. Merasakan sejuknya air pegunungan yang masih bersih dan jernih.

Bermain Sejuknya Sungai
Bermain Sejuknya Sungai. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tak jauh dari area sungai kamu dapat menggelar tikar yang disewakan oleh pedagang yang berjualan di sekitar sungai, dengan harga Rp. 10.000 saja.

Jadi setelah bermain aliran air Sungai Cipelang dapat dilanjutkan dengan berpiknik ria bersama keluarga terkasih dengan menyantap makanan yang sudah disiapkan dari rumah.

Untuk kamu yang menyukai tantangan terdapat keseruan lain dalam menyusuri Sungai Cipelang ini, yakni dengan mengikuti ragam wisata River Tubing yang akan dibimbing oleh pemandu profesional.

River Tubing merupakan kegiatan menyusuri sungai seperti arung jeram, namun bedanya dengan menggunakan sebuah ban yang telah didesain sedemikian rupa.

Juga terdapat arena outbound untuk melatih kemandirian, ketangkasan serta keberanian anak-anak. Serta terdapat arena Playground untuk anak-anak bermain.

Area Play Ground Anak
Area Play Ground Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Mengunjugi Curug Cibeureum

Perjalanan yang akan kamu lalui dari pintu gerbang menuju Curug Cibeureum memakan waktu sekitar 1,5 jam, dengan menyusuri jalan di tengah rindangnya pepohonan. Jalur yang dilalui agak sedikit menanjak, jadi siapkan tenagamu sebaik mungkin.

Kamu pun akan menyebrangi sungai dengan menapaki batuan yang telah disusun menyerupai jembatan titian, air sungainya sangat jernih sekali. Setelah melewati tangga yang masih terdiri dari batuan dan tanah, mulailah nampak Curug Cibeureum.

Curug Cibeureum Pondok Halimun
Curug Cibeureum Pondok Halimun. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Curug Cibeureum berada di Kawasan Gunung Gede-Pangrango, diatas ketinggian sekitar 1.625 mdpl. Ketinggian curugnya sendiri sekitar 60 meter.

Aliran airnya mengalir melalui tebing tinggi dengan dihiasi pepohonan di sekitarnya, suasananya sangat asri. Lelahnya trekking yang dilalui terbayarkan sudah.

4. Menyusuri Kebun Teh

Ragam wisata seru lain yang dapat dilakukan disini ialah dengan menyusuri kebun teh yang tadi kamu lewati dalam perjalanan menuju lokasi Pondok Halimun.

Kebun teh ini merupakan bagian dari PTPN VIII, dimana kamu dapat bersantai dan berfoto ria diantara hamparan kebun teh yang sangat menyejukkan.

Hamparan Kebun Teh
Hamparan Kebun Teh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Ribuan kembang di Kutabawa Flower Garden

Tips Wisata

  • Hindari berkunjung di akhir pekan, karena suasana akan menjadi sangat ramai dikunjungi wisatawan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin ketika berniat mengunjungi Curug Cibeureum.
  • Bawalah makan dan minuman ketika kamu hendak mengunjungi Curug, karena tidak ada warung di area curug.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Pondok Halimun.
  • Siapkan baju hangat serta obat-obatan yang biasa digunakan ketika berencana untuk camping.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan kamera kamu untuk mengabadikan keindahan di sekitar Pondok Halimun Sukabumi.

Penutup

Pondok Halimun Sukabumi sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, alangkah baiknya jika kita yang mengunjunginya ikut menjaga kebersihan dan keasrian lokasi wisata legendaris yang satu ini.

Jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita!