Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Wayang Windu Panenjoan, Eloknya Hamparan Kebun Teh Di Pangalengan, Bandung

Wayang Windu Panenjoan, Eloknya Hamparan Kebun Teh Di Pangalengan, Bandung

Blog thumbnail

Kabupaten Bandung terkenal mempunyai alam yang indah, salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi ialah Wayang Windu Panenjoan yang terletak di Pangalengan, Bandung.

Wayang Windu Panenjoan berada di ketinggian sekitar 1800 mdpl, serta memiliki hamparan kebun teh hijau yang sangat indah dan sejuk dipandang mata. Panenjoan berarti selayang pandang, dengan maksud sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah keasrian, kesejukan, dan keindahan.

Jadi ketika kamu berada di Lokasi wisata ini, kamu akan dapat mengganti rasa gundah dengan rasa bahagia. Wayang Windu Panenjoan merupakan lokasi yang pas untuk kamu menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih, sambil memandangi alam dan berfoto selfie.

Apalagi jika bersama-sama melihat indahnya sunset yang tenggelam di ufuk barat, konon katanya Wayang Windu Panenjoan memiliki pemandangan sunset yang sangat menawan.

Tempat Beristirahat Dan Bersantai. Sumber: getlost.id

Simak juga: 39 tempat wisata populer di Bandung

Selain itu masih banyak hal lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Wayang Windu Panenjoan:

Lokasi Wayang Windu Panenjoan

Lokasi Wayang Windu Panenjoan berada di Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Rute Menuju Wayang Windu Panenjoan

Rute menuju Wayang Windu Panenjoan jika kamu bergerak dari pusat Kota Bandung, kamu akan melakukan perjalanan sejauh 65 Km dan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam perjalanan.

Untuk kamu yang melalui Tol Purbaleunyi kamu arahkan untuk keluar di GTO Moh Toha, kemudian belok kanan. Dari sana  terus lanjutkan perjalanan menuju arah Pangalengan.

Jika kamu keluar dari pintu Tol Ketapang, kamu tinggal arahkan kendaraanmu untuk menuju Banjaran. Setelah itu menuju Cimaung, tibalah kamu di bunderan Pangalengan arahkan untuk belok ke kiri, tak berselang lama sampailah kamu di Wayang Windu Panenjoan.

Kondisi jalan menuju Wayang Windu Panenjoan dapat dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil, kondisi jalannya tidak begitu mulus namun masih mudah untuk dilalui.

Ditambah dengan kontur jalan yang cenderung menanjak, dan sedikit berkelok-kelok. Mendekati area Wayang Windu Panenjoan kondisi jalan masih berupa tanah dan bebatuan. Namun sepanjang perjalanan keindahan alam sudah dapat kamu saksikan.

Jam Buka Wayang Windu Panenjoan

Jam operasional Wayang Windu Panenjoan dibuka mulai pukul 06 pagi sampai dengan pukul 6 sore. Namun pengelola dapat melayani kamu hingga 24 jam nonstop dengan konfirmasi terlebih dahulu tentunya. Konfirmasi tersebut dapat kamu lakukan melalui akun IG resmi mereka di @wwp1800skypark.

Tiket Wayang Windu Panenjoan

Tiket yang harus kamu keluarkan ketika sedang berada di Wayang Windu Panenjoan terdiri dari:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 3.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- per unit
  • Sewa ATV sebesar Rp. 50.000 per putaran ( 1 putaran sejauh 1,2 km )
  • Sewa Gazebo lantai 1 sebesar Rp. 20.000 per dua jam sedangkan untuk lantai 2 sebesar Rp. 30.000 per dua jam

Simak juga: Bukit Sewu Sambang Banyuwangi

Fasilitas Wayang Windu Panenjoan

Fasilitas umum yang ada di Wayang Windu Panenjoan cukup lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Tempat untuk menyetak foto
Gazebo Di WWP
Gazebo Di WWP. Sumber: www.minews.id

Daya Tarik Wayang Windu Panenjoan

Lokasi wisata Wayang Windu Panenjoan (WWP) sky park memiliki keindahan alam yang tak diragukan lagi, hal tersebut dibuktikan dengan selalu ramainya pengunjung memadati wisata yang satu ini.

1. Keindahan Alam Yang Mengagumkan

Wayang Windu Panenjoan berada di dataran tinggi sehingga memiliki udara yang sangat sejuk, ditambah dengan hijaunya hamparan kebun teh bak sebuah permadani.

Alam yang disajikan Wayang Windu Panenjoan sungguh mengagumkan, sejauh mata memandang hanya keindahan yang kamu saksikan. Gunung yang berdiri dengan gagahnya ditambah pepohonan yang menjulang tinggi, diantara perbukitan.

Pemandangan Yang Akan Kamu Lihat
Pemandangan Yang Akan Kamu Lihat. Sumber: brisik.id

Dengan duduk-duduk santai sambil memandangi hamparan kebun teh, diiringi semilir angin yang menyejukkan, mampu menenangkan jiwa dan raga. Tak pernah bosan kamu memandangi maha karya Tuhan yang terpampang di depan mata.

Suasana akan terasa sangat berbeda ketika malam tiba, dimana hamparan kebun teh akan berubah menjadi kerlipan cahaya lampu.

2. Jembatan Kebun Teh

Ikon Wayang Windu Panenjoan
Ikon Wayang Windu Panenjoan. Sumber: twitter.com

Simak juga: Wana Wisata wendit, Kolam air alam dari Zaman Majapahit

Jembatan yang ada di WWP Sky Park ini sering wara-wiri di berbagai media sosial, karena memang jembatan tersebut merupakan ikon dari lokasi wisata yang satu ini.

Jembatan ini berada di atas hamparan kebun teh dengan panjang sekitar 100 meter. Pemandangan yang tersaji dari atas jembatan sungguh sangat menakjubkan.

Jembatan tersebut terbuat dari kayu namun terlihat kokoh dan aman untuk dilalui. Di sepanjang jembatan terdapat tempat duduk yang terbuat dari batang pohon.

Kamu dapat duduk-duduk manis dengan memandangi keindahan kebun teh yang tertata dengan baik, serta jalan yang berkelok-kelok. Pada saat-saat tertentu kamu akan dapat melihat kabut tipis menghiasi WWP. Jembatan ini selalu dijadikan lokasi spot foto oleh para pengunjung.

3. Menikmati Indahnya Sunset

Telah disebutkan di awal bahwa lokasi Wayang Windu Panenjoan merupakan lokasi yang tepat untuk melihat indahnya sunset. Jembatan merupakan area yang tepat untuk menunggu waktu pergantian hari tersebut.

Melihat Indahnya Sunset
Melihat Indahnya Sunset. Sumber: www.pendakicantik.com

4. Jalur Sepeda

Bersepeda Seru Di Wayang Windu Panenjoan
Bersepeda Seru Di Wayang Windu Panenjoan. Sumber: travelandword.com

SImak juga: Pantai Pangasan Pacitan

Wayang Windu Panenjoan (WWP) sering digunakan untuk penyelenggaraan kejuaraan olahraga sepeda dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta, Bekasi, Tangerang juga Bogor.

Dengan berbagai jenis trek yang ada, diantaranya track tipe Cross Country (XC), All Mountain (AM), sampai Mini Down Hill (DH). Dengan panjang jalur lintasan sekitar 15 km.

Pengalaman bersepeda di sekitar kebun teh tersebut dapat kamu nikmati di kawasan wisata Wayang Windu Mountain Bike Park Pangalengan.

5. Camping

Wayang Windu Panenjoan juga memiliki area untuk mendirikan tenda, namun jika kamu ingin camping kamu harus konfirmasi 1 jam sebelum tiba di lokasi. Jika kamu tak membawa peralatan camping, ngga perlu khawatir karena pengelola juga menyediakan penyewaan tenda dan peralatan camping lainnya. Kamu harus membayar tiket camping sebesar Rp. 20.000 per orang.

6. Bermain ATV

Kamu dapat mengelilingi area Wayang Windu Panenjoan dengan menyewa ATV di tempat yang sudah disediakan.

7. Spot Foto

Terdapat beberapa spot foto yang ada di kawasan Wayang Windu Panenjoan, diantaranya:

  • Sebuah jendela besar yang mengarah langsung menuju keindahan hamparan kebun teh.
  • Ujung jembatan
  • Spot foto yang menyerupai saung atau tenda
Mengabadikan Keindahan Alam
Mengabadikan Keindahan Alam. Sumber: galamedia.pikiran-rakyat.com

Semua spot foto yang ada gratis tanpa diminta lagi pungutan, namun kamu dilarang untuk berlama-lama di spot foto yang ada hal tersebut untuk menghindari antrian pengunjung yang ingin berfoto juga.

Penutup

Keindahan alam Wayang Windu Panenjoan sungguh sangat luar biasa, dan merupakan bukti sayangnya Tuhan pada tanah Pasundan. Tugas kita sekarang ialah dengan menjaga dan merawatnya, supaya dapat terus kita rasakan keindahannya sampai kapan pun.

Tak rugi waktumu ketika mengunjungi Wayang Windu Panenjoan ini, hilangkan rasa penat dalam diri resap energi positif yang coba diberikan alam.